Translate

Jumat, 20 November 2020

Gimana sih jurusan TKJ itu?

 Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi/siang/sore/malam untuk semua pembaca, saya tahu para pembaca sedang mencari tahu jurusan TKJ itu gimana sih ya kan..

Untuk itu saya selaku penulis akan menjelaskan jurusan TKJ itu ngapain saja dan ini berdasarkan pengalaman. Jadi untuk semua adik" SMP yang memiliki minat di bidang komputer dan jaringan jurusan ini cocok banget untuk kalian.

Jadi berdasarkan pengalaman saya selama sekolah SMK jurusan TKJ awalnya pasti diawali dengan teori. Teorinya engga banyak kok jadi cuma buat pemanasan aja, biar mengenal apa itu komputer, bagian-bagian komputer itu ada apa aja, dll.

Setelah mempelajari teori dll kita langsung melihat bagian" dalam komputer yaitu ada motherboard. Di motherboard sendiri ada banyak komponen yang harus dipahami. Seperti slot prosesor, slot memory ram, dll.

Tenang aja semua diajarkan dari awal kok bagi yang masih pemula maupun yang sudah tau tentang komputer semuanya diajarkan.

nanti kalian pasti akan membuat kabel straight dan cross. Diawal kalian pasti aka kebingungan karena ada yang bisa dan tidak. Itu tidak apa apa karena semua juga belajar supaya bisa.

Saya ada sedikit tips untuk kalian membuat kabel straight. Ya kabel straight adalah kabel yang sama di kedua sisi nya, untuk urutan warnanya sendiri ada :

Putih Oren

Oren

Putih hijau

Biru

Putih biru

Hijau

Putih coklat

Coklat

Ya kalian harus bisa mengingat urutan warna kabel ini supaya kalian mudah dalam menyusun warna di kabel straight.

Dan untuk kabel cross sebenarnya cuma beda di sisi satunya. Di sisi pertama warnanya sama dengan kabel straight, dan di sisi keduanya warnanya ini :

Putih hijau

Hijau

Putih Oren

Biru

Putih biru

Oren

Putih coklat

Coklat

Lalu kalian potong ujungnya supaya rata, lalu masukkan ke connector RJ 45, lalu kencang kan pakai tang Crimping.Tes di cable tester, and Voila! Jadi

Kalau ada salah satu lampu di cable tester tidak menyala artinya ada yang salah, coba liat lagi di connector nya apakah kabel UTP nya tergigit pin connector atau tidak. Atau kalian bisa coba yang Crimping untuk mengencangkan connector nya.

Sekian untuk penjelasan jurusan TKJ ini sebenarnya masih banyak yang bisa saya jelaskan tapi sepertinya saya tidak bisa mengetik untuk sementara:'( jadi saya akan buat penjelasan tentang apa saja yang di pelajari di jurusan TKJ.

Jika pembaca ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa saja yang di pelajari di TKJ komen ya:)

Sekian dan terimakasih

Wassalamu'alaikum wr wb